Saat Zulkifli Hasan Cerita Soal Kasimo dan Natsir di MPR

Written By Kontak Perkasa Futures on Friday, August 17, 2018 | 9:46 AM




Kontak Perkasa Futures - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan, dalam pembukaan Sidang Tahunan MPR 2018, mengingatkan tentang tahun politik dan kisah keteladanan para pendiri bangsa.

"Kita ingat persahabatan Pak Kasimo dan Pak Natsir yang bersepeda bersama setelah berdebat sengit ke parlemen," ujarnya.

Muhammad Natsir dikenal sebagai tokoh Partai Masyumi. Dia dikenal berkawan akrab dengan tokoh Partai Katolik, I.J. Kasimo. Meski berasal dari partai yang berlawanan dan kerap berdebat di parlemen, keduanya selalu akrab di luar parlemen.

"Kita juga ingat persahabatan Bung Karno dan Bung Hatta, yang tetap hangat dan akrab meski sudah tak bisa bersama lagi. Padahal mereka berbeda pandangan yang tak ada titik temunya tentang demokrasi," kata Zulkifli Hasan dalam sidang MPR, Kamis, 16 Agustus 2018.

Zulkifli juga mengenang kisah persahabatan Simatupang dengan Kasman dan Prawoto ketika sama-sama bergerilya akibat agresi Belanda. Ada juga kisah Buya Hamka, yang bergegas mengimami salat jenazah Bung Karno kendati dulu pernah dipenjarakan tanpa proses peradilan. "Bagi Buya Hamka, perbedaan politik bukan halangan untuk memaafkan," ucap Zulkifli.

Menurut Zulkifli Hasan, pendiri bangsa juga memberi keteladanan bahwa memimpin adalah mengabdi, bukan sekadar jalan mencari kuasa.

"Seperti Bung Hatta yang tak mampu membeli sepatu Bally sampai akhir hayatnya, atau seperti prinsip yang selalu diajarkan KH Agus Salim: leiden is lijden, memimpin adalah jalan menderita," tuturnya. -Kontak Perkasa Futures

Sumber: Tempo.co
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 9:46 AM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger