Heboh Uang Rp 1.000 'Kelapa Sawit' Dibanderol Ratusan Juta

Written By Kontak Perkasa Futures on Thursday, June 18, 2020 | 9:59 AM


PT Kontak Perkasa Futures - Pernahkah anda membayangkan jika satu keping uang logam pecahan Rp 1.000 dibanderol dengan harga Rp 150 juta?
Ramai di media sosial, ada uang logam pecahan Rp 1.000 bergambar kelapa sawit dijual dengan harga ratusan juta. Uang tersebut dikeluarkan tahun 1993 dan sampai saat ini masih bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.

Dilihat di salah satu situs jual beli online, uang koin itu dijual termahal hingga Rp 150 juta per keping. Ada juga yang menjual dengan harga jutaan hingga puluhan juta. Meski begitu, ada juga yang menjual dengan harga puluhan hingga ratusan ribu. Dilihat dari iklan yang ditampilkan, mereka berlokasi di sejumlah daerah di Indonesia.

Bila dilihat lebih rinci, pemilik iklan memberikan deskripsi harga beserta tahun produksi uang logam tersebut. Rata-rata, uang logam yang dijual puluhan juta itu diproduksi di kisaran tahun 1990.

Sebelumnya, Bank Indonesia menyatakan bahwa uang pecahan Rp 1.000 tahun emisi 1993 tersebut masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

Uang ini masih bisa digunakan untuk membayar di seluruh wilayah Indonesia sepanjang belum dicabut atau ditarik dari peredaran. Selain uang bergambar kelapa sawit itu, BI juga menjelaskan uang koin pecahan Rp 200 masih berlaku.

"Uang pecahan kecil nominal Rp 200 selama masih dinyatakan berlaku, maka dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Yuk mari bersama mengedukasi untuk tidak menolak rupiah dalam bertransaksi," tulis pernyataan BI di akun twitter resmi @bankindonesia, Senin (15/6/2020).

Salah satu kolektor dan penjual uang kuno asal Gresik Gus Ahmad Legen menilai harga ratusan juta tersebut hanya dibesar-besarkan oleh pihak tertentu.

"Sebenarnya yang viral sampai harga berjuta-juta itu menurut saya dilebih-lebihkan. Kenyataannya tidak demikian, saya punya stok 3.000 keping dan harga jualnya normal Rp 2.500 sampai Rp 4.000 per keping," kata dia.

Dia mengungkapkan sejak uang kelapa sawit viral banyak orang yang menghubungi dia untuk menjual uang koin tersebut. Namun uang koin ditawarkan dengan harga yang mahal.

"Banyak yang telepon saya, 'pak mau beli koin saya nggak, harganya Rp 3 juta' ya saya bilang ngawur harganya. Dia bilang harganya mahal, ya saya sampaikan ke dia, jual saja ke sana di sini harganya normal," jelas dia.

Menurut dia, harga yang terlalu mahal hingga ratusan juta tersebut sangatlah tidak masuk akal. Pasalnya uang koin bergambar kelapa sawit masih banyak di masyarakat.

"Teman-teman saya yang kolektor juga tertawa saja melihat berita uang koin itu harganya mahal sekali," imbuhnya. - PT Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 9:59 AM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger