Negara-negara Kaya Kuasai Lebih dari Separuh Pasokan Vaksin Corona

Written By Kontak Perkasa Futures on Thursday, September 17, 2020 | 11:48 AM

 


Kontak Perkasa Futures - Negara-negara kaya termasuk Amerika Serikat (AS), Inggris dan Jepang dilaporkan telah membeli lebih dari separuh pasokan vaksin virus Corona (COVID-19) potensial.
Kamis (17/9/2020), hal itu dilaporkan oleh organisasi anti-kemiskinan internasional, Oxfam, pada Rabu (16/9) waktu setempat. Disebutkan Oxfam bahwa negara-negara kaya mewakili 13 persen dari total populasi dunia, namun diketahui telah membeli 51 persen pasokan vaksin Corona untuk persediaan di masa mendatang.

Dalam laporannya, Oxfam menggunakan data yang dikumpulkan oleh perusahaan analis Airfinity untuk menganalisis kesepakatan antara pemerintah dan pembuat vaksin yang telah dipublikasikan.

Oxfam menghitung lima organinasi, yakni AstraZeneca, Gamaleya Rusia, Moderna, Pfizer dan Sinovac China, memiliki kapasitas produksi gabungan untuk membuat 5,9 miliar dosis vaksin. Jumlah itu cukup untuk memvaksinasi nyaris 3 juta orang -- kurang dari setengah populasi dunia -- jika setiap orang membutuhkan dua dosis vaksin seperti yang diperkirakan.

Dalam laporannya, Oxfam menyebut bahwa kesepakatan pasokan vaksin telah disetujui untuk 5,3 miliar dosis. Sebanyak 2,7 miliar dosis di antaranya, atau 51 persen dari total perkiraan pasokan -- telah dibeli negara-negara maju seperti Inggris, AS, Australia, Jepang, Swiss, Israel, Hong Kong dan Macau, juga Uni Eropa.

Sisanya sebanyak 2,6 miliar dosis telah dibeli atau dijanjikan kepada negara-negara berkembang termasuk India, Bangladesh, China, Brasil, Indonesia dan Meksiko.

Oxfam menekankan bahwa AstraZeneca telah menjanjikan dua pertiga dosis dari total vaksin yang diproduksinya nanti untuk disalurkan ke negara-negara berkembang.

"Akses ke vaksin penyelamat nyawa tidak seharusnya bergantung pada tempat tinggal Anda atau berapa banyak uang yang Anda miliki," sebut Robert Silverman dari Oxfam.

"Pengembangan dan persetujuan vaksin yang aman dan efektif sangat krusial, tapi yang sama pentingnya adalah memastikan vaksin-vaksin itu tersedia dan terjangkau untuk semua orang," imbuhnya. - Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com

Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 11:48 AM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger