Daftar Terbaru Paspor Terkuat 2019, Indonesia Nomor Berapa?

Written By Kontak Perkasa Futures on Wednesday, July 3, 2019 | 2:44 PM


Kontak Perkasa Futures - Henley Passport Index telah mengeluarkan daftar paspor terkuat tahun 2019. Dari Asia ada dua negara yang berada di posisi pucuk, sementara Indonesia turun lagi peringkatnya.

Adalah Jepang dan Singapura yang kokoh di posisi pertama dalam daftar paspor paling kuat di dunia 2019. Dari data Henley Passport Index, Selasa (2/7/2019), memasuki paruh kedua tahun 2019, kedua negara itu memegang posisi sebagai paspor paling ramah perjalanan di dunia. Henley Passport Index sendiri selalu memberikan penilaian dan rangking terhadap paspor-paspor di seluruh negara di dunia, sejak tahun 2005.

Negara lain dari Asia yakni Korea Selatan yang berada di posisi kedua. Itulah data yang dikeluarkan oleh Henley Passport Index yang secara berkala mengukur akses yang diberikan paspor masing-masing negara.

Paspor Singapura dan Jepang menduduki peringkat teratas karena kedua paspor tersebut menawarkan akses bebas visa ke 189 negara. Korea Selatan ada di posisi yang sama dengan Finlandia dan Jerman, ketiganya dapat mengakses 187 negara tanpa visa.

Finlandia mendapat akses bebas visa terbarunya dari perubahan kebijakan visa Pakistan yang sebelumnya sangat ketat. Pakistan saat ini menawarkan ETA (Electronic Travel Authority) kepada warga negara dari 50 negara, termasuk Finlandia, Jepang, Malta, Spanyol, Swiss dan Uni Emirat Arab, tapi tidak untuk warga Amerika Serikat atau Inggris.

Lima tahun lalu, Amerika Serikat dan Inggris menduduki peringkat teratas pada tahun 2014. Lalu, kedua negara ini merosot ke posisi keenam, posisi terendah yang telah dipegang sejak tahun 2010.

Uni Emirat Arab terus merangkak naik peringkatnya. Memasuki 20 besar untuk pertama kalinya dalam 14 tahun, dan dalam lima tahun terakhir UEA memiliki lebih dari dua kali lipat bebas visa.

Bagaimana dengan paspor hijau dari Indonesia? Henley Passport Index mencatat bahwa paspor Indonesia ada di posisi 75 dengan bebas visa sebanyak 69 negara. Itu turun delapan peringkat dari posisi 67 dengan akses bebas visa berkurang dua negara dari 71 di tahun 2018.

Paspor terbaik hingga pertengahan tahun 2019 adalah:

1. Jepang, Singapura (189 negara bebas visa)
2. Finlandia, Jerman, Korea Selatan (187)
3. Denmark, Italia, Luksemburg (186)
4. Prancis, Spanyol, Swedia (185)
5. Austria, Belanda, Portugal, Swiss (184)
6. Belgia, Kanada, Yunani, Irlandia, Norwegia, Inggris, Amerika Serikat (183)
7. Malta (182)
8. Republik Ceko (181)
9. Australia, Islandia, Lithuania, Selandia Baru (180)
10. Latvia, Slovakia, Slovenia (179)
.
.
.
75. Indonesia (69). - Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 2:44 PM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger