Persiapan Sambut Gerhana Matahari Cincin

Written By Kontak Perkasa Futures on Thursday, December 26, 2019 | 9:49 AM


PT Kontak Perkasa - Pagi ini Indonesia akan menikmati Gerhana Matahari Cincin. Ada beberapa hal yang mesti Anda tahu dan siapkan supaya bisa menikmati gerhana dengan maksimal.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan, sebagian daerah Indonesia akan mendapatkan Gerhana Matahari Cincin. Sisanya akan mendapatkan Gerhana Matahari Sebagian.

Banyak yang bisa kita persiapkan, dari mencari tahu Gerhana Matahari Cincin jam berapa, lokasi, sampai persiapan pribadi. Inilah tips persiapan yang bisa Anda lakukan:

1. Cek waktu Gerhana Matahari Cincin

Banyak yang bertanya, Gerhana Matahari Cincin jam berapa? Beberapa daerah berikut ini sangat beruntung karena mendapatkan 100 persen Gerhana Matahari Cincin.

2. Tempat nonton bareng

Tim Observatorium Bosscha akan melakukan pengamatan Gerhana Matahari Cincin (GMC) pukul 10.00 - 15.00 WIB. Ada dua tempat yaitu Lapangan Sinapeul, Lembang, dekat Observatorium Bosscha, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Satu lagi di Taman Gonggong, Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Knsepnya adalah Festival Gerhana Matahari Cincin, jadi pasti banyak acara seru.

LAPAN rencananya akan menggelar lokasi pengamatan di Lapangan Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Di Siak, acaranya akan berbentuk festival, ada bazar, musik, talkshow dan hiburan. Tempat satu lagi adalah Masjid Raya Kota Singkawang dan teras Vihara Tengah Kota, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Meski tak disambangi Gerhana Matahari Cincin, warga Jakarta juga bisa menonton Gerhana Matahari Parsial pada 26 Desember 2019 yang diadakan Planet dan Observatorium Jakarta. Acara digelar di Plaza Teater Jakarta, Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki. Pengamatan umum Gerhana Matahari Parsial itu digelar mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Kegiatan pengamatan Gerhana Matahari Cincin juga dilangsungkan di Taman Mini Indonesia Indah, tepatnya di Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK). Acara dimulai pada pukul 10.30 - 14.30 WIB. Untuk kota-kota lainnya, pantau media sosial untuk tahu lokasi nonton bareng terdekat dengan Anda. Banyak masjid raya mengadakan kegiatan salat gerhana, Anda bisa ikutan. Belajar sains sambil ibadah, kenapa tidak? Inilah tata cara sholat gerhana:

3. Cara melihat gerhana

LAPAN dan BMKG mengimbau masyarakat menggunakan kacamata saat mengamati gerhana matahari cincin. Warga diingatkan menggunakan kacamata dengan filter khusus untuk mengamati gerhana. Peringatan ini dimaksudkan supaya masyarakat tidak mengalami kerusakan mata hingga kebutaan.

"Gerhana matahari cincin memang tidak bisa dilihat secara mata telanjang ya, harus memakai kacamata pelindung, karena khawatir nanti cahaya yang terkena mata akan membuat retina rusak," kata dr Zeiras Eka Djamal SpM dari Jakarta Eye Center.

Biasanya tempat nonton bareng menyediakan kacamata dan filter khusus. Jika berencana melihat gerhana dari tempat-tempat tadi, coba tanyakan saja ya.

"Disarankan untuk melihat matahari yang aman itu gunakan peralatan yang memang bisa menyerap sinar matahari secara efisien, yaitu menggunakan kacamata matahari yang bisa menyerap sampai dengan 100 ribu kali atau filter ND5," ujar Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin.

4. Persiapan pribadi

Setelah mengetahui waktu, lokasi dan cara aman melihat gerhana, jangan lupa dengan persiapan pribadi. Pakailah baju yang nyaman disertai pelindung kepala seperti topi atau payung.

Jangan lupa bawa sunblock untuk melindungi kulit dari sengatan matahari. Beberapa daerah diprediksi mendung atau bahkan hujan. Bawalah payung atau jas hujan untuk berjaga-jaga. Kaca mata hitam wajib dibawa ya, sambil tetap menjadi kacamata khusus atau filter film di tempat acara nonton bareng.

Jangan lupa untuk bersenang-senang. Bawa kamera dan tripod kamu, jadi kamu bisa memotretnya sebagai kenang-kenangan.

Bawa makanan dan wajib bawa air minum. Gerhana ini prosesnya 4-5 jam bergantung daerah. Jangan sampai kamu dehidrasi dan kelaparan saat menunggu Gerhana Matahari Cincin. Selamat menyaksikan fenomena alam akbar! - PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 9:49 AM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger