WNI Tertular Virus Corona, Penularan Antarmanusia Juga Terjadi di Negara Ini

Written By Kontak Perkasa Futures on Wednesday, February 5, 2020 | 10:03 AM


PT KP Press - Virus corona baru (2019-nCoV) yang bermula di China pada akhir Desember 2019 lalu mulai menyebar luas. Beberapa negara bahkan sudah mulai melaporkan terjadinya penularan lokal.
Sebagai contoh satu warga negara Indonesia (WNI) pada Selasa (4/2/2020) positif terinfeksi virus corona di Singapura. Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) menjelaskan WNI tersebut tidak punya sejarah bepergian ke China sehingga ini diyakini sebagai kasus penularan antarmanusia lokal.

Berikut beberapa negara yang juga sudah melaporkan penularan lokal:

1. Singapura

MOH menyebut ada 6 kasus baru virus corona pada hari Selasa (4/2/2020). Empat kasus merupakan penularan lokal karena mereka tidak pernah pergi ke China.

"Kementerian Kesehatan telah memulai pelacakan kontak untuk mengidentifikasi individu-individu yang melakukan kontak dekat dengan kasus-kasus ini, sehingga dalam memagari dan membatasi penyebaran lebih lanjut," tegas Menteri Kesehatan Singapura, Gan Kim Yong.

MOH menyebut meski ada empat kasus penularan lokal, belum ada tanda-tanda penyebaran yang luas.

2. Thailand

Kementerian Kesehatan Thailand pada hari Jumat (31/1/2020) mengonfirmasi kasus penularan virus corona antarmanusia di wilayahnya. Dikutip dari Bangkok Post, kasus ini melibatkan seorang sopir taksi yang sama sekali tak pernah pergi ke China namun kemudian positif terinfeksi virus.

3. Jepang

Kementerian Kesehatan Jepang menyebut ada satu warga negaranya yang positif terinfeksi virus corona meski tak pernah bepergian ke China pada Selasa (28/1/2020). Pasien tersebut adalah seorang sopir bus berusia 60-an tahun dari prefektur Nara yang diketahui pernah membawa rombongan turis China dari Wuhan.

4. Amerika Serikat

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengonfirmasi penularan lokal virus corona pada Jumat (31/2/2020). Kasus ini melibatkan seorang pria berusia 60-an yang tertular virus dari istrinya.

Sang istri diketahui baru kembali dari Wuhan.

5. Korea Selatan

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan menyebut seorang pria lokal berusia 56 tahun positif terinfeksi virus corona pada Kamis (30/2/2020). Pria tersebut tidak pernah pergi ke Wuhan namun melakukan kontak dengan seorang pasien virus corona. - PT KP Press

Sumber : detik.com
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 10:03 AM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger