Tips Berkendara Motor Melewati Jalanan Rusak dan Berlubang

Written By Kontak Perkasa Futures on Wednesday, September 23, 2020 | 10:35 AM

 


PT Kontak Perkasa Futures - Jalanan yang sering terkena air di musim hujan biasanya bakal rusak dan berlubang. Kondisi jalan seperti itu baiknya dihindari pengendara motor. Namun jika memang terpaksa harus melewatinya, berikut tips berkendara motor melewati jalanan berlubang.
Seperti dilansir dari Wahana Honda, ada 5 tips yang bisa dilakukan pengendara motor saat melewati jalanan yang tidak layak. Mulai dari mengurangi laju motor, hingga tetap fokus saat mengemudi. Berikut detailnya.

1. Kurangi kecepatan motor

Hal pertama yang harus dilakukan saat menemui jalanan berlubang adalah mengurangi kecepatan kendaraan. Hal ini guna menghindari terjadinya benturan keras antara aspal dengan motor yang dikendarai.

Selain itu, jika terdapat sisi jalan yang masih dalam kondisi baik alias tidak berlubang. Sebaiknya, Anda hindari jalanan rusak tersebut dan lewatilah jalan yang masih dalam kondisi bagus. Tapi itu juga tergantung motor yang digunakan, jika Anda sedang mengendarai motor trail atau dual purpose, jalanan rusak itu bisa Anda lewati dengan aman.

2. Hindari jalanan berlubang yang digenangi air

Jika ternyata jalanan berlubang yang akan dilewati digenangi oleh air. Maka sebaiknya Anda hindari jalan tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang di luar dugaan. Karena Anda tidak mengetahui pasti seberapa dalam lubang tersebut.

3. Berkendara dengan mengikuti kendaraan yang ada di depan

Jika kondisi jalanan cukup ramai, Anda bisa mengikuti pengendara yang ada di depan dan melintasi sisi jalan yang sama seperti yang ia lewati sebelumnya. Biasanya, pengendara yang berada di depan memilih jalan yang memiliki kondisi bagus. Sehingga, Anda hanya tinggal mengikuti geraknya supaya tidak jatuh atau terjerembab.

4. Tetap jaga jarak dengan pengendara lain

Anda perlu memberikan ruang kepada pengendara lain agar tidak saling berhimpitan dan tidak menabrak kendaraan di depan yang mengerem mendadak.

5. Tetap fokus saat mengemudi

Bagi para pengendara motor maupun mobil, fokus dan berkonsentrasi penuh terhadap jalanan yang mereka lewati merupakan sebuah keharusan. Ketika Anda fokus, maka risiko sekecil apapun masih bisa diantisipasi. - PT Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com

Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 10:35 AM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger