Maung Pindad Versi Sipil Bakal Pakai Mesin Hilux, Ini Tanggapan Toyota

Written By Kontak Perkasa Futures on Thursday, July 23, 2020 | 11:23 AM


PT Kontak Perkasa - PT Pindad (Persero) punya line up baru di kendaraan taktis (rantis), yakni Maung. Rantis yang pernah dijajal Menhan Prabowo ini diracik buatan anak bangsa, mulai dari reka bentuk, plat besi, ban, kaca, hingga aksesoris dalam. Tapi untuk saat ini, prototipe rantis Maung masih menggunakan mesin Toyota Hilux. Bagaimana respon Toyota?
Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi pun menjawab, pihaknya perlu mempelajari lebih lanjut bentuk kerjasama antara Pindad dan Toyota.

"Kalau memang ada permintaan dari pemerintah, kami tentu akan mempelajari support-nya seperti apa," tutur Anton, Rabu (22/7/2020).

Apalagi Kementerian Pertahanan telah memesan 500 unit rantis Maung. Setelah memenuhi untuk kebutuhan militer, ke depannya Pindad juga akan membuat rantis Maung versi sipil. Jadi, apakah Toyota siap jika hanya menyuplai mesin untuk dipakai di Maung?

"Kita perlu mempelajari detail seperti apa permintaannya, dan tentu bicara dengan prinsipal juga," terang Anton.

Sebagai informasi, rantis Maung dibekali mesin turbo diesel 4 silinder, 2.400 cc, 6 speed, dengan sistem penggerak four wheel drive (4WD). PT Pindad juga menjelaskan Maung dengan mesin Toyota Hilux saat ini sifatnya hanya prototipe. Rencana ke depan, Maung juga tidak menutup pintu untuk menggunakan mesin lain.

"Maung ini merupakan bentuk prototipe dengan mengusung mesin 2.400 cc turbo diesel dan prototipe ini mengggunakan mesin Toyota Hilux. Ke depannya tidak menutup kemungkinan Maung akan menggunakan mesin apapun yang bisa disuplai ekosistem industri otomotif di Indonesia," ucap VP Inovasi PT Pindad (Persero), Windhu Paramarta, saat disambangi di Bandung Jawa Barat.

Windhu menjelaskan tidak ada pertimbangan khusus untuk menggunakan mesin Toyota Hilux.

"Sebenarnya tidak ada pertimbangan khusus untuk bisa menerapkan mesin Toyota Hilux. Karena waktu itu adanya memang mesin ini (mesin Toyota Hilux). Tapi mesin ini sudah dimodifikasi," Windhu menambahkan. - PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 11:23 AM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger