Home » » Goldman: Aksi jual emas besar-besaran dipicu Eropa

Goldman: Aksi jual emas besar-besaran dipicu Eropa

Written By Kontak Perkasa Futures on Wednesday, April 17, 2013 | 8:49 AM

Kontan (17/4) - SINGAPURA. Beberapa hari yang lalu, terjadi aksi jual besar-besaran atas komoditas emas yang menyebabkan harga si kuning mentereng terjerembab 13% dalam kurun waktu dua hari. Menurut Goldman Sachs Group Inc, pelepasan investor atas emas dipicu oleh kecemasan mereka bahwa Eropa akan mengikuti jejak langkah Siprus yang menjual sebagian besar kepemilikan emas mereka.

'Penurunan tajam harga emas dipicu oleh kecemasan mengenai langkah bank sentral Siprus yang akan menjual cadangan emas mereka. Investor khawatir, bank-bank sentral di kawasan Eropa akan melakukan langkah yang sama,' tulis Goldman.

Menurut Goldman, aksi jual emas terjadi setelah harga emas secara teknikal menembus level supportnya di posisi US$ 1.530 per troy ounce. Lalu, penurunan emas ke bawah level US$ 1.434 200-week moving average, memicu penurunan harian terbesar pada harga emas.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Siprus -yang merupakan anggota kelima Uni Eropa yang menerima bailout- akan menjual cadangan emas mereka.

Berdasarkan data World Gold Council, bank sentral global menggenggam sekitar 19% emas. Tahun lalu, bank sentral meningkatkan kepemilikan mereka ke level tertinggi sejak 1964. AS dan Jerman merupakan pemilik cadangan eams terbesar dunia, di mana emas berkontribusi sebesar 70% dari total cadangan mereka. Sedangkan Siprus memiliki sekitar 13,9 ton.

Dalam laporannya, Goldman masih memberikan rekomendasi sell untuk emas. 'Data kepemilikan ETF menunjukkan adanya likuidasi yang berlangsung cepat yang menandakan aksi jual terhadap emas masih akan terus berlangsung,' papar Goldman.

Catatan saja, kemarin (16/4), kepemilikan emas pada SPDR Gold Trust, merosot menjadi 1.154,34 per metrik ton. Ini merupakan level terendah sejak April 2010.

http://internasional.kontan.co.id/news/goldman-aksi-jual-emas-besar-besaran-dipicu-eropa/2013/04/17
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 8:49 AM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger