Home » » Ini tiga sentimen yang menyebabkan emas hitam liar

Ini tiga sentimen yang menyebabkan emas hitam liar

Written By Kontak Perkasa Futures on Thursday, March 21, 2013 | 10:03 AM

Kontan.co.id ~ SINGAPURA. Harga kontrak minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) bergerak liar setelah mencatatkan kenaikan terbesar dalam dua pekan terakhir pada pagi ini (21/3). Data Bloomberg menunjukkan, pada pukul 12.35 waktu Sydney, harga kontrak minyak WTI untuk pengantaran Mei berada di posisi US$ 93,27 per barel atau turun 23 sen di New York Mercantile Exchange.

 Sementara, harga kontrak minyak untuk pengantaran April yang habis masa berlakunya kemarin (20/3), ditutup lebih tinggi 80 sen di posisi US$ 92,96 per barel. Ada sejumlah isu besar yang menyebabkan pergerakan harga si emas hitam naik turun. Salah satunya, cadangan minyak AS secara tidak terduga mengalami penurunan. Berdasarkan data yang dirilis Departemen Energi AS, cadangan minyak AS pada pekan lalu turun sebanyak 1,3 juta barel. Ini merupakan penurunan pertama dalam dua bulan belakangan.

Sentimen lainnya datang dari Iran di mana pemerintah Iran melihat adanya kemungkinan untuk mencapai kata sepakat terkait program nuklirnya. Seperti yang diketahui, pada bulan lalu, program pembahasan nuklir Iran mengalami kebuntuan sehingga menyebabkan pasar ekspor minyak Iran dikenakan sanksi internasional.

Selain kedua faktor tadi, keputusan the Federal Reserve mengenai kelanjutan program stimulus senilai US$ 85 miliar juga turut mempengaruhi pasar minyak dunia. "Reli yang terjadi pada pasar minyak kemarin (20/3) didorong oleh rasa lega karena pernyataan the Fed," ujar Ric Spooner, chief market analyst CMC Markets di Sydney. Sementara itu, harga kontrak minyak jenis Brent untuk pengantaran Mei turun 29 sen menjadi US$ 108,43 per barel di ICE Futures Europe exchange.
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 10:03 AM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger