Home » » Saham Asia jatuh untuk hari kelima menjelang rilis risalah FOMC hari ini

Saham Asia jatuh untuk hari kelima menjelang rilis risalah FOMC hari ini

Written By Kontak Perkasa Futures on Wednesday, August 21, 2013 | 9:14 AM


Bloomberg, (21/8) Saham-saham Asia kembali mengalami kejatuhan untuk sesi hari kelima, dengan perdagangan indeks acuan regional berada di level terendah dalam enam minggu terakhir, sebelum rilis risalah pertemuan Federal Reserve bulan Juli pada hari ini.

Index MSCI Asia Pacific turun 0,1 persen menjadi 131.40 pada pukul 9:03 pagi di Tokyo. Indeks tersebut turun 3,3 persen dalam empat hari terakhir ke level terendah sejak 9 Juli. Untuk index Topix Jepang dan berjangka pada indeks Standard & Poor 500 hanya mengalami sedikit perubahan. Pasar saham di China dan Hong Kong belum dibuka ketika berita ini diturunkan, sementara pasar saham Taiwan ditutup pagi ini karena ancaman badai tropis.

Index ukur saham Asia-Pacific tersebut telah naik sebesar 1,7 persen sejak awal tahun ini hingga kemarin, masih tertinggal dibandingkan 16 persen lonjakan di index S & P 500 karena ekspektasi melambatnya pertumbuhan di China dan spekulasi bahwa Federal Reserve akan mengurangi pembelian obligasi yang mendorong investor untuk menjual aset-aset di Asia dan pasar negara berkembang lainnya. Para investor akan mengamati rilis dari risalah rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Juli lalu pada hari ini sebagai petunjuk lebih lanjut tentang kapan the Fed mulai menarik stimulus moneternya.

Pasar saham emerging market sejak Senin mengalami pergolakan yang cukup tinggi di tengah kekhawatiran akselerasi arus modal keluar. Investor asing kemarin melakukan penjualan bersih senilai $ 359 milyar saham Thailand, jumlah yang tertinggi ketiga dalam satu dekade terakhir menurut data bursa yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Indeks SET Thailand merosot sebesar 2 persen kemarin, penutupan terendah sejak 24 Juni. Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan Indonesia juga turun hingga 3,2 persen kemarin, memperpanjang koreksi hingga 20 persen dari level puncaknya tahun ini.

Emerging market dari Brasil ke Indonesia telah menaikan biaya pinjaman pada tahun 2013 untuk mencoba membantu mempertahankan mata uang mereka dari depresiasi karena prospek berkurangnya stimulus moneter AS yang bisa membatasi permintaan untuk aset-aset di negara berkembang. (brc)
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 9:14 AM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger