Manfaat Jogging Secara Rutin

Written By Kontak Perkasa Futures on Friday, December 2, 2016 | 4:54 PM


PT KONTAK PERKASA YOGYAKARTA - Seperti yang pernah dikatakan oleh orang - orang Yunani kuno, "Jika anda ingin kuat, berlarilah.

Jika anda ingin cantik, berlarilah. Jika anda ingin pintar, berlarilah." Sepertinya pepatah tua ini benar adanya. Jogging atau lari secara rutin akan memberikan manfaat baik bagi tubuh anda.

Berlari memang tidak akan menghilangkan segala masalah dalam kehidupan anda, namun tubuh yang sehat akan membuat anda lebih bahagia, bukan?

Ada baiknya berkonsultasi dengan seorang dokter jika anda berencana untuk mengikuti maraton, namun jika anda hanya ingin memasukkan lari ke dalam rutinitas anda sehari - hari, anda pasti akan merasakan perubahan yang positif pada tubuh anda.

Lari adalah cara cepat, mudah, dan tentu saja gratis untuk tubuh yang lebih sehat. Selain sepasang sepatu, lari tidak butuh peralatan khusus atau kartu anggota gym. Berikut manfaat lari secara rutin bagi anda :

1. Lari secara rutin akan menguatkan jantung, menambah jumlah kapiler serta sel - sel darah merah dalam tubuh. Jantung sebagai bagian dari otot tubuh pun akan semakin kuat.

2. Kapasitas otot untuk menyerap oksigen juga akan meningkat. Sebuah jantung yang terlatih dengan rutinitas lari akan memompa jumlah darah yang lebih besar per siklus. Saat aliran darah meningkat, konsumsi oksigen juga akan meningkat. Semua jaringan dan organ dalam tubuh anda akan menerima lebih banyak darah yang kayak akan oksigen dan nutrisi.

3. Lari akan membantu menyingkirkan stres. Tubuh telah menerima banyak "sampah" dari ketegangan saraf dan kelelahan dalam 1 hari. Untuk mengeluarkannya dari tubuh, anda harus berkeringat. Disinilah pentingnya berlari bagi tubuh anda.

4. Ketika anda berolahraga, tubuh anda melepaskan hormon khusus yang disebut endoerfin atau "hormon kebahagiaan". Saat kandungan endorfin dalam darah meningkat, anda akan mengalami sedikit perasaan euforia dan perasaan depresi pun menghilang.

5. Aktivitas otak akan meningkat juga. Saat anda sedang berlari, otak akan menghasilkan solusi kreatif untuk masalah - masalah yang sedang anda hadapi. Ini bisa terjadi karena adanya asupan oksigen yang membantu sistem saraf pusat, termasuk otak, berfungsi lebih aktif.

6. Dengan berlari secara rutin, daya tahan tubuh akan meningkat karena sel - sel darah merah dan hemoglobin yang bertambah dalam tubuh. Lari juga akan menurunkan kolesterol darah, mengurangi rasa lapar dan memperbaiki metabolisme anda. Hal ini akan berpengaruh pada berat badan yang tentu saja akan berkurang.

7. Waktu berlari tidak terlalu penting. Di pagi hari, level hormon anda sedang lebih tinggi dari biasanya dan lari akan menyingkirkan rasa stres dan penat dari tubuh sehingga terasa kembali normal. Berlari setelah pulang dari kantor juga akan membuat anda lebih relaks, mengembalikan energi, mengurangi rasa lapar, dan membuat tidur lebih nyenyak.

8. Sebuah penelitian menemukan bahwa berlari secara rutin akan meningkatkan regenerasi sel - sel dalam hati.

9. Membiasakan diri berlari dengan rutin akan memberikan efek positif tulang dan sendi - sendi dalam tubuh. Hal ini juga baik bagi orang yang berusia lanjut karena mencegah penyakit sendi degeneratif atau ostearthritis - PT KONTAK PERKASA

Sumber : lifestyle.liputan6
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 4:54 PM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger