Mengapa Panda Memiliki Pola Bulu yang Begitu Unik?

Written By Kontak Perkasa Futures on Monday, March 13, 2017 | 8:39 AM

PT Kontak Perkasa Futures, Yogyakarta - Siapa yang tak kenal dengan panda? Hewan yang menjadi maskot resmi Negeri Tirai Bambu ini begitu imut dan tingkahnya amat menggemaskan. Apalagi, pola bulunya yang khas membuat hewan ini seakan mengenakan baju dan kaus kaki panjang berwarna hitam, eyeliner tebal di sekeliling matanya, serta “bando telinga Mickey Mouse” mungil yang juga berwarna hitam.

Pola bulu seperti yang dimiliki panda raksasa cukup  langka di antara hewan-hewan. Umumnya, hewan memiliki belang kontras  atau totol-totol pada bulunya.

Perbedaan tersebut menimbulkan pertanyaan menggelitik di kalangan para ilmuwan maupun masyarakat umum. Mengapa panda memiliki pola bulu yang unik seperti itu?

Untuk mencari tahu jawabannya, para peneliti dari University of California dan California State University bekerja sama untuk memilah pola bulu panda dan mencocokkan setiap bagian tubuh secara terpisah dengan hewan-hewan yang sebanding. Tim tersebut membandingkan area-area hitam putih pada panda dengan pewarnaan pada 39 subspesies beruang serta 195 karnivora, dan memperhatikan habitat mereka dengan spesifik.

Dari penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa tampaknya pola bulu panda yang khas digunakan untuk menyamarkan diri pada dua kondisi lingkungan berbeda di habitat aslinya, yaitu wilayah pegunungan di Cina tengah. Selain itu, warna pada bagian-bagian tubuh panda juga digunakan untuk berkomunikasi dengan kawanan atau musuh.

Tak seperti kerabat-kerabatnya yang karnivora, panda sangat bergantung pada makanan vegetarian berupa tunas muda bambu alias rebung. Meski bambu banyak ditemukan di habitat asli panda, namun tanaman ini bukanlah makanan yang mudah dicerna.

Panda mengatasi hal tersebut dengan membatasi pergerakan mereka. Meskipun panda tampak begitu tambun, sebenarnya mereka tidak bisa menyimpan cukup banyak persediaan lemak untuk bertahan hidup selama musim dingin.

Artinya, para panda harus tetap aktif sepanjang tahun, bahkan di musim salju, untuk mendapatkan makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi mereka. Memiliki kepala dan perut putih membantu para panda tersamarkan di antara latar belakang salju tanpa diganggu oleh macan tutul salju atau serigala yang mungkin akan memangsa mereka.

Sementara itu, bulu hitam yang menyerupai baju dan kaos kaki panjang membantu panda bersembunyi di antara bayang-bayang rumpun bambu tropis selama bulan-bulan yang lebih hangat.

Mata panda yang dikelilingi lingkaran hitam diduga merupakan salah satu media untuk berkomunikasi satu sama lain, atau memberikan sinyal agresi pada pesaingnya. Sedangkan telinganya yang juga berwarna hitam, dapat memberikan sinyal peringatan agar para predator menjauh.

Penjelasan tersebut mungkin belum final, namun hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Behavioral Ecology ini membuka ruang diskusi yang lebih luas tentang pola bulu unik pada panda - PT Kontak Perkasa Futures


Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 8:39 AM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger