Metode Pasien Stroke Tak Minum Obat Pengencer Darah

Written By Kontak Perkasa Futures on Monday, October 23, 2017 | 9:16 AM

PT Kontak Perkasa - Jika terjadi penggumpalan darah, seseorang biasanya disarankan minum obat pengencer darah. Obat pengencer darah termasuk terapi untuk menurunkan risiko stroke. Dalam hal ini, risiko stroke yang disebabkan kelainan irama jantung atau fibrilasi atrium (FA).

Seseorang yang minum obat pengencer darah bisa ketergantungan. Obat pun diminum seumur hidup. Namun, ada alternatif pilihan lain agar seseorang tidak minum obat pengencer darah. Pasien bisa melakukan LAA (Left Atrial Appendage) Occluder Implant.

Metode ini berupa pemasangan implan pada area jantung, yang bernama Left Atrial Appendage. LAA Occluder Implan mencegah adanya penggumpalan darah, yang bisa menyebar ke otak besar.

Ada pertimbangan lain sebelum memasang LAA Occluder Implant, menurut dokter spesialis jantung, dr Sunu B Raharjo, SpJP(K), PhD dari RS Jantung dan Pemuluh Darah Harapan Kita.

"Yang pertama dilihat, seberapa besar risiko stroke yang dialami, apakah risiko strokenya bisa cukup diatasi dengan obat pengencer darah. Pada saat yang bersamaan, kami juga menilai, seberapa besar perdarahan yang terjadi," jelasnya saat ditemui dalam acara "Raba Nadi, Kenali Fibrilasi Atrium (FA), Hindari Kelumpuhan!" di RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jakarta, ditulis Kamis

Cegah risiko perdarahan
Risiko perdarahan terjadi setelah seseorang minum obat pengencer darah. Jika perdarahan yang terjadi di otak cukup besar, maka pasien disarankan melakukan LAA Occluder Implant.

Setelah implan dipasang di bagian Left Atrial Appendage, pemantauan terhadap aliran darah akan dilakukan.

Guru Besar Ilmu Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FKUI, Prof Dr dr Yoga Yuniadi, SpJP(K) menambahkan, dalam waktu satu bulan setelah pemasangan LAA Occluder Implant.

Pasien akan dicek elektrokardiogram (EKG). EKG merekam aktivitas listrik di jantung. Aliran darah pun akan terlihat, apakah sudah mengalir normal dan tidak terjadi penggumpalan darah - PT Kontak Perkasa
Sumber:health.liputan6
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 9:16 AM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger