Wayang Cuklit, Produk Ekonomi Kreatif Bojonegoro Ikut Pameran IMF

Written By Kontak Perkasa Futures on Wednesday, October 10, 2018 | 3:41 PM




PT Kontak Perkasa Futures - Puluhan jenis ekonomi kreatif dari Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur ikut pameran di Konferensi Tingkat Tinggi International Monetery Fund atau IMF di Bali, 10-14 Oktober 2018. Produk yang dipamerkan di antaranya kerajinan wayang thengul, wayang krucil, wayang cuklit hingga cangkir kopi dari bambu.

Menurut Divisi Pameran dari Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia atau DPC AKURINDO Bojonegoro, Sahri Romdoni, acara ini atas prakarsa AKURINDO Bali. Sebanyak 70 jenis produksi lokal Bojonegoro, telah ikut pameran di Lapangan Renon, Denpasar, mulai Selasa 9 Oktober hingga Minggu 14 Oktober 2018. “Produk lokal Bojonegoro yang kita pamerkan,” ujarnya pada Tempo, Selasa 9 Oktober 2018.

Sahri Romdoni menyebutkan, produk lokal Bojonegoro ini, tergabung di kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Sedangkan produk unggulannya, lebih banyak kerajinan asli daerah. Misalnya, ada kerajinan Wayang Cuklit, yaitu wayang dibuat dari kayu jati dan kemudian dipahat. Tema pahatannya, sama dengan tokoh-tokoh pewayangan. Ada Arjuna, Kresna, Semar, Werkudara dan seterusnya. Tampilan wayang yang dibuat Sudarmoyo di Dusun Sidokumpul, Desa Leran, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro ini, peminatnya meningkat, dalam tiga tahun terakhir.

Selain itu, ada juga produk kuliner. Yaitu temuan kopi dari biji secang, yang dibuat oleh Mohammad Tawwabur Rokhim di Dusu Bungkal, Desa Mayangkawis, Kecamatan Balen, Bojonegoro. Ini adalah kopi dari tanaman di kebun, yang kemudian dioleh jadi minuman untuk kesehatan. Karena kopi ini bisa menyembuhkan masuk angin, kencing manis dan menghambat kelumpuhan.”Produk kopi secang juga kita pamerkan,” tandas Sahri Romdoni.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bojonegoro Elzadeba Agustina mengatakan, produk ekonomi kreatif yang pameran di forum IMF di Bali, atas prakarsa dan kegiatan mandiri. Misalnya kegiatan yang diprakarsai DPC Akurindo Bojonegoro ini adalah mitra kerja pemerintah. ”Produk ekonomi kreatif kita, memang banyak dipamerkan,” tegasnya pada Tempo Selasa 9 Oktober 2018. Ditambahkan, produk unggulan dari kerajinan kayu jati di Desa Sukorejo, Bojonegoro, juga salah satu yang diminati. - PT Kontak Perkasa Futures

Sumber: Tempo.co
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 3:41 PM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger