Para Petani di Ngawi Berlomba Tangkap Tikus Sawah

Written By Kontak Perkasa Futures on Wednesday, December 12, 2018 | 2:26 PM



PT Kontak Perkasa - Sinar matahari yang terik tak menyurutkan semangat para petani di Desa Dempel, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi untuk berlomba menangkap tikus dengan tangan kosong. Duh ngapain repot-repot sih?

Rupanya perlombaan ini diselenggarakan setelah petani mendapati fakta bahwa banyak korban jiwa melayang karena petani memasang jebakan tikus beraliran listrik di sawah. Bukannya tikus yang kena, tetapi malah nyawa pemilik lahan atau petani yang melayang karena tersengat listrik.

Mereka akhirnya kapok menggunakan jebakan tikus semacam ini. Lalu untuk memotivasi petani agar mau kembali menggunakan cara tradisional untuk menangkap tikus, perlombaan ini pun digelar.

"Lumayan dapat hadiah, pak. Hasil tangkapan tikus dibeli," terang salah satu petani yang ambil bagian dalam perlombaan ini, Prijono (60).

Menurut Prijono, satu ekor tikus hasil tangkapan petani dihargai sebesar Rp 1.000 oleh kepala desa. Oleh warga setempat, lomba semacam ini biasa disebut 'gropyokan (berebut) tikus'.

Selain dengan tangan kosong, sejumlah petani menggunakan berbagai trik untuk melumpuhkan tikus seperti memasukkan belerang ke sarang tikus atau uap panas ke dalam sarang dengan bantuan elpiji.


Ditambahkan Kepala Desa Dempel, Sugeng, selain mengurangi korban jiwa akibat banyaknya tikus di sawah, para petani juga bersemangat mengikuti perlombaan karena banyaknya hama tikus yang menyerang bibit padi mereka.

"Hama tikus saat ini meresahkan petani karena memakan bibit padi yang disemaikan dan siap tanam sehingga petani harus menyemaikan lagi benihnya. Jadi dua kali petani menyiapkan bibitnya," katanya.


Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar yang hadir dalam perlombaan ini mengatakan gropyokan tikus ini diperlukan agar petani kembali menggunakan pembasmi hama yang ramah lingkungan, mengingat sudah banyak korban jatuh akibat jebakan tikus beraliran listrik.

"Selama setahun ini sudah ada tujuh korban jiwa akibat jebakan tikus listrik. Kami minta petani untuk menerapkan cara pembasmi tikus yang ramah lingkungan ini," tandasnya.

Dalam lomba yang berlangsung sejak pagi hingga sore ini, para petani pun berhasil mengumpulkan total sekitar 500 ekor tikus. - PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 2:26 PM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger