Seni Rontek dengan 5000 Pemain di Pacitan Kembali Pecahkan Rekor MURI

Written By Kontak Perkasa Futures on Monday, December 10, 2018 | 12:11 PM


PT Kontak Perkasa - Ribuan pemain rontek berkumpul di Stadion Pacitan, Jalan WR Supratman. Mengenakan kostum putih, mereka menenteng rontek atau kentongan. Alat musik berbahan bambu satu ruas tersebut lantas ditabuh serempak.

Harmonisasi musikal yang dimainkan mengumandangkan lagu-lagu daerah dan lagu nasional. Satu di antaranya 'Pacitan Kutha Pariwisata'.

Acara tersebut merupakan rangkaian pemecahan rekor MURI untuk pemain rontek terbanyak. 5.000 Seniman muda tersebut merupakan siswa SLTA dari sejumlah sekolah di Kota 1001 Gua. Banyaknya jumlah pemain rontek tampak hampir memenuhi areal stadion. Para penonton pun terkesima mendengarkan alunan musik bambu tersebut.

Sri Widayati, Manajer Eksekutif Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mengatakan, banyaknya jumlah pemain rontek kali ini menumbangkan rekor sebelumnya yang berhasil dipecahkan juga oleh Kabupaten Pacitan pada tahun 2011 silam, yaitu sebanyak 2.218 orang.

"Dan apabila ini bisa melampau rekor sebelumnya maka kami akan mencatat prestasi ini sebagai rekor dunia dan tercatat di MURI sebagai rekor nomor ke-8.776," ujarnya.

"Kategori yang ditetapkan adalah superlatif atau terbanyak," tambahnya.

Bupati Pacitan Indartato mengaku bangga atas pencatatan rekor MURI tersebut. Apalagi orang nomor satu di Pacitan ini mengungkapkan bahwa seni rontek merupakan salah satu aset budaya asli Pacitan. Rekor MURI diharapkan lebih memantapkan semua pihak menjadikan rontek sebagai aset seni khas daerah di ujung barat daya Jatim ini

"Sudah barang tentu kita semua menyambut dengan bahagia. Kebahagiaan ini bukan hanya milik pemerintah daerah tetapi juga menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Pacitan," kata Indartato seraya menjelaskan jika pihaknya berkala menyelenggarakan festival rontek.

Perhelatan kolosal tersebut menyita perhatian warga. Banyak di antara mereka yang datang ke lokasi karena terbawa penasaran. Kegiatan juga makin istimewa dengan kehadiran Presiden Ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Tokoh kelahiran Pacitan tersebut hadir bersama isteri dan putranya, Edhie Bhaskoro Yudhoyono. - PT Kontak Perkasa
 
Sumber : detik.com
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 12:11 PM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger