AS dan China Bikin Harga Minyak Mentah Dunia Turun Tajam

Written By Kontak Perkasa Futures on Thursday, November 9, 2023 | 3:45 PM

 



PT KP Press - Harga minyak mentah dunia kompak dibuka menguat pada perdagangan hari ini Kamis (9/11/2023) setelah penurunan tajam dua hari beruntun di tengah kekhawatiran permintaan.
Harga minyak mentah WTI dibuka melonjak 0,42% di posisi US$75,65 per barel, begitu juga dengan minyak mentah brent dibuka naik 0,18% ke posisi US$79,68 per barel.

Pada perdagangan Rabu (8/11/2023), harga minyak mentah WTI ditutup anjlok 2,64% di posisi US$75,33 per barel, begitu juga dengan minyak mentah brent ditutup terjun 2,54% ke posisi US$79,54 per barel.

Harga minyak turun lebih dari 2% pada perdagangan Rabu ke level terendah lebih dari tiga bulan di tengah kekhawatiran berkurangnya permintaan di Amerika Serikat (AS) dan China.

"Pasar jelas kurang khawatir terhadap potensi gangguan pasokan di Timur Tengah dan malah fokus pada pelonggaran keseimbangan," menurut analis ING Warren Patterson dan Ewa Manthey dalam sebuah catatan kepada kliennya, merujuk pada kondisi pasokan minyak mentah.

Hal lain yang juga membebani harga minyak adalah stok minyak mentah AS naik hampir 12 juta barel pada pekan lalu, mengutip angka dari American Petroleum Institute.

Jika terkonfirmasi, hal tersebut akan menjadi peningkatan terbesar sejak bulan Februari. Namun, Badan Informasi Energi AS (EIA) telah menunda rilis data persediaan minyak mingguan, biasanya pada hari Rabu, hingga tanggal 15 November untuk menyelesaikan peningkatan sistem.

Produksi minyak mentah AS akan meningkat tahun ini sedikit lebih rendah dari perkiraan namun konsumsi minyak bumi akan turun sebesar 300.000 barel per hari (bpd), menurut EIA pada hari Selasa, membalikkan perkiraan sebelumnya yang memperkirakan kenaikan sebesar 100.000 barel per hari.

Data dari China, importir minyak mentah terbesar di dunia, menunjukkan total ekspor barang dan jasa mengalami kontraksi lebih cepat dari perkiraan, sehingga menambah kekhawatiran terhadap prospek permintaan energi.

Di zona euro, data yang menunjukkan penurunan penjualan ritel juga menyoroti lemahnya permintaan konsumen dan prospek resesi.

"Keruntuhan harga minyak yang kita lihat mencerminkan dua hal yakni kekhawatiran terhadap perekonomian global berdasarkan data dari China dan juga rasa percaya diri bahwa perang di Israel dan Jalur Gaza tidak akan berdampak pada pasokan. ," ucap Phil Flynn, analis di Price Futures Group.

Namun, impor minyak mentah China pada bulan Oktober menunjukkan pertumbuhan yang kuat dan gubernur bank sentral China mengatakan negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut diperkirakan akan mencapai target pertumbuhan produk domestik brutonya pada tahun ini. Beijing telah menetapkan target pertumbuhan sekitar 5%.

Analis dari Goldman Sachs memperkirakan ekspor minyak bersih melalui laut oleh enam negara dari kelompok produsen minyak OPEC akan tetap hanya 600.000 barel per hari di bawah level bulan April. OPEC telah mengumumkan pengurangan produksi kumulatif sebesar 2 juta barel per hari sejak April 2023.

Rusia, bagian dari kelompok produsen yang dikenal sebagai OPEC+, sedang mempertimbangkan untuk mencabut larangan ekspor beberapa jenis bensin, kantor berita Interfax mengutip pernyataan Menteri Energi Nikolai Shulginov.

Moskow memberlakukan larangan ekspor bahan bakar pada 21 September 2023 untuk mengatasi tingginya harga bahan bakar dalam negeri dan kekurangan bahan bakar. Pemerintah melonggarkan pembatasan pada 6 Oktober, mengizinkan ekspor solar melalui pipa, namun tetap mempertahankan kebijakan ekspor bensin.

Barclays menurunkan perkiraan harga minyak mentah Brent tahun 2024 sebesar US$4 menjadi US$93 per barel. - PT KP Press

Sumber : cnbcindonesia.com

Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 3:45 PM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger