Hewan-hewan yang Bercinta Sampai Mati

Written By Kontak Perkasa Futures on Friday, May 12, 2017 | 10:21 AM

PT Kontak Perkasa Futures - Dalam biologi, ada istilah strategi reproduksi yang disebut semelparity. Dalam kondisi tersebut, hewan akan mencurahkan seluruh energi reproduktifnya untuk sekali bercinta sampai akhirnya mati.

Salah satu hewan yang paling dikenal karena menggunakan strategi reproduksi ini adalah antechinus jantan, mamalia Australia bertubuh kecil dan berumur pendek. Makhluk ini biasanya bercinta secara gila-gilaan, terkadang bahkan bisa selama 14 jam. Setelah itu, hewan tersebut mengalami kerusakan sistem imun fatal dan mati akibat kelelahan.

Bisa dibilang, ini adalah pengorbanan orang tua: Antechinus jantan mati setelah memastikan bahwa dirinya telah menyebarkan spermanya secara luas dan jauh.

“Sebagai imbalannya, sepesies ini menghasilkan lebih banyak keturunan,” kata Jeyaraney Kathirithamby, entomolog di Universitas Oxford.

Selain antechinus, ada hewan-hewan lain yang juga bercinta sampai mati. Salmon pasifik, misalnya, akan mati setelah memproduksi ratusan hingga ribuan telur. Belalang sembah juga akan mati setelah bereproduksi. Adakalanya, si betina akan memangsa pejantan dengan memenggal kepalanya.

Parasit bersayap pintal


Parasit bersayap pintal betina dari ordo Strepsiptera memproduksi 2.000-750.000 larva dalam satu-satunya masa kawin mereka. Hewan ini juga memiliki gaya hidup yang aneh: si betina mengubur diri mereka dalam tubuh hewan inang, seperti lebah soliter dan tak pernah pergi dari situ.

Karena hidup dalam tubuh inang, mereka tak membutuhkan sayap, mata, kaki, atau antena. Satu-satunya bagian tubuh yang menonjol dari inang hanyalah saluran reproduksinya. Saluran yang terbuka ini memungkinkan pejantan menginseminasi betina dan larva merangkak ke dunia luar.

Parasit bersayap pintal jantan yang hanya hidup selama enam jam, terbang berkeliling mencari betina untuk mereka kawini. Tak lama setelah kawin, pejantan pun akan mati. Setelah larva keluar, betinanya juga akan mati.

Pengorbanan Laba-laba 
Laba-laba betina dikenal suka memangsa pasangannya setelah kawin. Tapi laba-laba betina juga berkorban demi anak-anaknya. Seperti  laba-laba S.lineatus.

Setelah bertelur dan menetaskan telur-telurnya, ibu laba-laba S.lineatus akan sengaja bertelur untuk makanan anak-anaknya. Setelah makanan habis, ibu laba-laba ini akan membiarkan dirinya dimakan oleh anak-anaknya. Hal ini juga untuk melatih insting predator anak-anaknya agar siap menghadapi dunia luar. 

Sementara itu, laba-laba jantan dari genus Argiope akan mengorbankan dirinya untuk memastikan bahwa ia merupakan satu-satunya ayah dari bayi-bayi dari satu betina.

Laba-laba jantan memiliki dua organ penghantar sperma yang disebut pedipalp. Saat kawin, mereka memasukkan kedua organ tersebut ke dua organ penampung sperma pada betina. Laba-laba Argiope akan mati setelah memasukkan pedipalp yang kedua.

Setelah mati, tubuh si pejantan akan menggantung pada alat genital si betina, sehingga pejantan lain akan kesulitan kawin dengan betina tersebut.

Pejantan Argiope juga sering kali kawin dengan betina yang baru ganti kulit, sehingga si betina tidak bisa memangsanya. Tetapi jika dia mengawini betina yang lebih tua, si betina akan segera memangsanya setelah si pejantan mati - PT Kontak Perkasa Futures
Sumber:nationalgeographic
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 10:21 AM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger