Mandi Air Panas, Manfaatnya Sama dengan Olahraga

Written By Kontak Perkasa Futures on Thursday, May 18, 2017 | 9:06 AM

Kontak Perkasa Futures - Mandi air panas sering dianggap sebagai cara yang efektif untuk mengusir rasa penat setelah seharian bekerja dan tak sempat berolahraga yang memeras keringat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mandi air panas memberikan manfaat yang sama dengan berolahraga.

Banyak orang yang menyalahkan dampak lingkungan yang ekstrem terhadap tubuh. Kini, ilmu pengetahuan pun mulai menyebut manfaat panas terhadap tubuh secara pasif.

Para peneliti dari National Centre for Sport and Exercise Medicine di Universitas Loughborough di Inggris mendapatkan fakta bahwa mandi dengan air bersuhu 40 derajat Celsius membakar kalori dengan jumlah yang hampir sama dengan bersepeda dengan kecepatan sedang selama satu jam, yakni sekitar 140 kalori.

Berikut hal-hal yang diklaim para peneliti itu mengenai mandi air panas, seperti dilansir India Times.

#Baik mereka yang mandi air panas atau bersepeda menunjukkan peningkatan kemampuan dalam mengontrol kadar gula darah untuk 24 jam ke depan, tanda bahwa metabolisme baik.

#Sayangnya, setelah makan, kadar gula darah mereka yang mandi air panas lebih rendah 10 persen.

#Mereka yang mandi air panas juga menunjukkan respons terhadap antiperadangan yang sama seperti mereka yang berolahraga. Aktivitas dalam tubuhlah yang mencegah infeksi dan penyakit berkembang dalam sistem tubuh.

Keterangan di atas menunjukkan "pemanasan pasif" juga bisa berkontribusi dalam mengontrol masalah metabolisme, seperti diabetes tipe 2, karena dampaknya dalam mengurangi peradangan kronis.

Walaupun penelitian ini masih baru, beberapa studi yang dilakukan baru-baru ini, seperti yang diterbitkan oleh Universitas Oregon pada 2016 menyatakan rutin mandi air panas bisa menurunkan tekanan darah secara efektif.

Lebih jauh lagi, penelitian di Finlandia yang diterbitkan di JAMA pada 2015 menyebutkan rutin melakukan sauna akan membuat fungsi kardiovaskular menjadi lebih baik dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Meski demikian, bukan berarti kita boleh tidak berolahraga sama sekali. Biar bagaimanapun berolahraga sangat berguna bagi kesehatan. Namun bila tenaga sudah terkuras di tempat kerja dan tak ada yang tersisa untuk berolahraga, bolehlah mandi air panas atau sauna sebagai penggantinya - Kontak Perkasa Futures
Sumber:cantik.tempo
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 9:06 AM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger