Vitamin D Bukan Hanya Untuk Tulang

Written By Kontak Perkasa Futures on Thursday, July 6, 2017 | 9:05 AM

PT Kontak Perkasa Futures - Kita semua sudah tahu betapa pentingnya vitamin D dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, ada banyak manfaat kesehatan lain dari vitamin D, yang mungkin tak terlalu kita perhatikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sayangnya, banyak orang yang tidak sadar dirinya kekuranga vitamin D sehingga membiarkan kondisi itu berlarut-larut. Mau tahu apa saja manfaat vitamin D bagi kesehatan? Berikut penjelasan seperti dikutip Tempo dari India Times.

1. Menurunkan nafsu makan
Vitamin D sudah terbukti mampu merangsang produksi leptin, hormon yang memberi sinyal ke otak apabila perut kenyang.

2. Membantu otot berfungsi lebih baik
Penelitian di masa lalu menunjukkan kaitan antara vitamin D dan fungsi otot. Kadar vitamin D rendah di tubuh bisa menyebabkan otot lelah.

3. Mencegah flu
Dalam sebuah penelitian yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition disebutkan 167 siswa Sekolah Dasar diteliti apakah ada kaitan kekurangan vitamin D dan serangan flu. Hasilnya, tubuh dengan vitamin D yang cukup membantu anak-anak itu terlindung dari flu.

4. Melindungi DNA
Vitamin D bertanggung jawab atas sedikitnya 2.000 gen dalam tubuh, jadi kecukupan akan vitamin D membantu fungsi DNA yang lebih baik dan melindunginya dari kerusakan.

5. Menurunkan risiko sakit jantung
Dalam sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Circulation pada 1793 disebutkan bahwa kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Untuk menghindari penyakit ini, selalu penuhi kebutuhan vitamin D.

6. Menurunkan tekanan darah
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Jantung Amerika menemukan fakta bahwa kekurangan vitamin D pada wanita pramenopause menaikkan risiko menderita tekanan darah tinggi.

7. Mengurangi obesitas
Sebuah penelitian yang digalang oleh Universitas Aberdeen di Skotlandia mendapati bahwa wanita dengan Indeks Massa Tubuh (BMI) yang tinggi tubuhnya memiliki kadar vitamin D yang rendah, sehingga terlihat hubungan antara kekurangan vitamin D dan kelebihan berat badan - PT Kontak Perkasa Futures
Sumber:cantik.tempo
Written by: Kontak Perkasa Futures
PT.Kontak Perkasa Futures, Updated at: 9:05 AM
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. PT.Kontak perkasa Futures Yogyakarta All Rights Reserved
Disclaimer : Semua Market Reviews atau News di blog ini hanya sebagai pendukung analisa,
keputusan transaksi atau pengambilan harga sepenuhnya ditentukan oleh nasabah sendiri.
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger